Rabu, 26 Januari 2011

Pos dan Kantor Pos

POS

Pos adalah bagian sistem pos, yakni sistem di mana dokumen tertulis dan paketan kecil ditempatkan di seluruh dunia. Setiap yang dikirim melalui sistem pos disebut pos.

Layanan pos bisa bersifat swasta maupun publik. Pemerintah sering membuat aturan tentang sistem penempatan pos. Sejak abad ke-19, sistem pos nasional umumnya telah dikendalikan oleh pemerintah, yang mewajibkan seseorang membayar untuk mengirim sesuatu, yang biasanya dalam bentuk perangko. Biasanya pemerintah hanya mengizinkan layanan pos swasta mengirimkan paketan parsel (bukan surat).

Sistem pos sering melakukan banyak hal selain mengirim surat. Di beberapa negara, sistem pos juga melayani sistem telepon dan telegraf. Di negara lain, sistem pos juga ada melayani paspor.

Pos Di Indonesia
Pos Indonesia adalah BUMN yang menyediakan layanan komunikasi, keuangan, dan logistik di Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Undang-Undang No. 6 tahun 1984 tentang Pos dan Peraturan Pemerintah No. 37 tahun 1985 tentang Penyelenggaraan Pos menugaskan kepada PT Pos Indonesia (Persero) untuk melaksanakan Kewajiban Pelayanan Umum Bidang Pos.

KANTOR POS

Kantor pos adalah fasilitas fisik tidak bergerak untuk melayani penerimaan, pengumpulan, penyortiran, transmisi, dan pengantaran surat dan paket pos.

Kantor pos menjual benda-benda pos dan filateli, seperti prangko, kartu pos, amplop, dan perlengkapan untuk membungkus paket. Di beberapa negara, kantor pos berfungsi sebagai tempat penerimaan aplikasi paspor, pengiriman weselpos atau money order, penjualan asuransi, pemesanan barang, serta layanan giropos dan perbankan.

Di dalam kantor pos terdapat berbagai loket yang dibagi-bagi menurut jenis layanan, seperti loket pengiriman surat dalam negeri, loket surat luar negeri, dan loket weselpos. Di ruangan utama kantor pos biasanya memiliki beberapa meja yang di atasnya sering diletakkan bolpen, pensil, lem, atau karet busa yang dibasahi dengan air. Pemakai jasa pos bisa menggunakan meja untuk menulis atau menyiapkan surat atau paket yang hendak dikirim.

Di tempat yang agak terpisah dari ruangan utama kantor pos biasanya terdapat kotak pos untuk disewa individu atau pemilik bisnis yang tidak ingin mengumumkan alamat jelas atau berada di alamat tidak terjangkau layanan pos. Di ruang belakang kantor pos terdapat ruangan sortir untuk memilah-milah surat sebelum disampaikan ke kantor pos yang lebih besar atau diantarkan kepada alamat yang dituju.

Kantor Pos Di Indonesia
Dalam sistem layanan Pos Indonesia, kantor pos dibantu bis surat dan unit layanan bergerak seperti pos keliling di kota atau desa. Kantor pos juga memiliki layanan penyewaan komputer yang terhubung ke Internet.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kantor_pos
http://id.wikipedia.org/wiki/Pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar